Ulama Wahabi Syaikh Utsaimin Fatwa Sampaikan Bacaan Fatihah untuk Mayyit

Fatwa Ulama tentang Kiriman PahalaSyaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin berkata dalam fatwanya sebagai berikut:

الراجح أن الميِّت ينتفع بذلك وأنَّه يجوز للإنسان أن يقرأ بنيَّة أنَّه لفلان أو فلانة من المسلمين سواء كان قريباً أم غير قريب لأنَّه ورد في جنس العبادات جواز صرفها للميِّت انتهى . (المجموع الثمين من فتاوى ابن عثيمين ج2ص115 ).
Pendapat yang unggul, sesungguhnya orang yang mati dapat mengambil manfaat dengan kiriman pahala tersebut. Seseorang boleh membaca al-Qur’an atau Surat al-Fatihah dengan niat untuk si Fulan atau Fulanah dari kaum Muslimin, baik dia kerabatnya atau pun bukan kerabatnya. Karena telah datang dalil bolehnya menghadiahkan pahala dalam jenis ibadah tersebut kepada orang yang meninggal dunia. (Syaikh Ibnu ‘Utsaimin, al-Majmu’ al-Tsamin min Fatawa Ibn ‘Utsaimin, juz 2 halaman 115).

Pandangan senada, juga dikemukakan oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam kitab al-Ruh halaman 258, dan Ibnu Abi al-‘Izz al-Hanafi dalam Syarh al-‘Aqidah al-Thahawiyyah juz 2 halaman 664. Sementara al-Albani, ulama Wahabi juga, dalam Silsilah al-Ahadits al-Shahihah juz 1 halaman 783-784 membolehkan hadiah pahala al-Fatihah dan al-Qur’an kepada kedua orang tua saja. Kepada orang lain, al-Albani melarang. Yang jelas, al-Albani tidak punya dalil dalam pembatasan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: