LDNU Siap Cetak Dai Toleran

Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) berkomitmen tidak hanya melahirkan para pendakwah yang piawai berpidato di atas mimbar tapi juga mampu bersikap toleran selama menjalankan tugasnya. Hal ini sebagai wujud penerapan prinsip yang menjadi pijakan kaum Nahdliyin.

Ketua Pengurus Pusat LDNU KH Zakky Mubarak mengatakan, komitmen tersebut ia rintis salah satunya dengan mengadakan Pendidikan Kader Dai satu tahun belakangan ini. Setelah memasuki angkatan ketiga, pihaknya mengaku berupaya meningkatkan kualitas pembinaan dan mengambil tema ” ”Mencetak Dai yang Toleran”.

”Ada sekitar 90 yang ikut pendidikan kali ini. Pesertanya dari berbagai latar belakang. Ada yang mahasiswa, dokter, dosen, ustad, dan lain-lain,” ujarnya di kantor LDNU belum lama ini.

Menurut Zakky, dakwah di Indonesia membutuhkan pembinaan dan pengelolaan yang serius. Kaderisasi menjadi langkah penting untuk memasukkan para calon dai pada fase perbaikan diri. Sebab juru dakwah dituntut menyampaikan kebenaran dengan cara-cara yang benar.

”Tidak boleh terlalu lembek tapi juga tidak boleh terlalu keras. Para dai mesti mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Dakwah melawan kemungkaran pun tak boleh dengan cara-cara yang mungkar,” tuturnya.

 

Penulis: Mahbib Khoiron
 
NU ONLINE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: